Latest News
Thursday, August 01, 2013

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

10 Malam Terakhir Ramadhan Dan Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar dan pengertiannya
Antara tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang mana ianya berlaku pada malam-malam 10 terakhir Ramadhan. Ada beberapa perkara yang menyebut tentang tanda-tanda kedatangan Malam Lailatul Qadar ini. Untuk pengertian Malam Lailatul Qadar [Rujuk Di Sini..]

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Ada yang menyebut tanda-tanda Malam Lailatul Qadar iaitu pokok tunduk atau sujud, ikan di laut naik ke daratan, berhentinya mengalir air di sungai dan di malam harinya yang sejuk dang menenangkan.
Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan sejuk (tidak panas dan tidak sejuk) serta sinar matahari di pagi harinya tidak menyilaukan. (H.R Ibnu Khuzaimah dan Al Bazzar)
Pagi harinya matahari terbit dalam keadaan tidak menyilaukan, seperti halnya bejana (yang terbuat dari kuningan). (H.R Muslim)

Menghidupkan 10 Malam Terakhir Ramadhan dan Lailatul Qadar

Asy-Syaikh ‘Abdul Aziz bin Baz dan Asy Syaikh Abdullah bin Qu’ud rahimahumallahu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk mengerjakan solat (malam), membaca Al-Qur’an, dan berdo’a daripada malam-malam selainnya”. (Fatawa Ramadhan, hal.856)
Demikianlah hendaknya seorang muslim/muslimah. Menghidupkan malam-malamnya pada 10 Ramadhan Terakhir di bulan Ramadhan dengan meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala; solat tarawih dengan penuh iman dan harapan pahala dari Allah I semata, membaca Al-Qur’an dengan berusaha memahami maknanya, membaca buku-buku yang bermanfaat, dan bersungguh-sungguh dalam berdo’a serta memperbanyak dzikrullah.

Doa Mendapati Malam Lailatul Qadar

Di antara bacaan doa atau dzikir yang paling afdhal untuk dibaca pada malam (yang diperkirakan sebagai Lailatul Qadr) adalah sebagaimana yang ditanyakan Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah jika aku mendapati Lailatul Qadr, do’a apakah yang aku baca pada malam tersebut?
Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar
“Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Pemberi Maaf, Engkau suka pemberian maaf, maka maafkanlah aku”. (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
 Maka hendaknya pada malam tersebut memperbanyakkan do’a, dzikir, dan istighfar.

Kesinambunngan dari artikel : Pengertian Malam Lailatul Qadar | 10 Terakhir Ramadhan Dan Lailatul Qadar


Bahan rujukkan : Mudahnya Islam | Penulis : Al-Ustadz Abu Ahmad Kadiri dan Al-Ustadz Abu ‘Amr Ahmad.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

5 comments:

  1. sama-samalah kita beramal untuk mendapatkannya.. insya-Allah..

    ReplyDelete
  2. sama-sama kita berusaha mendapatkannya dan mudahan diperkenankan

    ReplyDelete
  3. sama-sama kita tingkatkan usaha...

    ReplyDelete
  4. semoga mereka yg benar2 berusaha akan dipertemukan dgn malam lailatul qadar....

    ReplyDelete

Sebarang Komen yang tidak berkaitan dengan artikel / SPAM akan Di PADAM. Terima Kasih.

Item Reviewed: Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar Rating: 5 Reviewed By: potia casadelarossa